Unknown
Assalamualaikum Wr.Wb.
Kali ini saya akan share Pengertian Webmin dan cara install Webmin.

Pengertian
Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix. Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banya lagi.Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti /etc,/passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser Langkah-langkah installasi webmin, sama seperti monitorix webmin juga diinstall menggunakan deb file yang anda dapat download di http://www.webmin.com mendownloadnya disitu berupa webmin.deb lalu anda masukan ke dalam server baik dengan sftp ftp atau samba.

Cara install:
  1. Karena saya sudah mendownload filenya maka kita pindahkan file dari komputer lokal ke komputer server dengan perintah seperti dibawah ini.
  2. Sebelum kita memulai installasi kita harus menginstall dependensi yang di perlukan.
  3. Setelah selesai installasi dependensi yang diperlukan, langsung saja kita mulai installasinya. Ketikkan perintah seperti berikut.
  4. Setelah selesai installasi kita masuk ke browser dan ketikkan perintah seperti di bawah ini.



Selamat mencoba ya.
0 Responses

Posting Komentar